Elsa Nur Adila, - (2021) Penerapan Peer Teaching Method untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Elsa Nur Adila, (2021) : Penerapan Peer Teaching Method untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan peer teaching method di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa yang menunjukkan keterampilan komunikasi pada kategori kurang karena masih banyak siswa yang belum mampu menyampaikan pesan dan berbagi informasi terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 23 orang siswa, dan objeknya adalah penerapan peer teaching method dan keterampilan komunikasi siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, tes keterampilan komunikasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan peer teaching method dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase keterampilan komunikasi siswa hanya 50,22% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan peer teaching method dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasinya naik menjadi 60,65%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 65,43%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga keterampilan komunikasi siswa juga meningkat menjadi 74,13% dan pada pertemuan keempat persentasenya dua mencapai 77,82% atau berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan peer teaching method dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran Tematik muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Penerapan Peer Teaching Method
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 07:22 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 07:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49393 |
Actions (login required)
View Item |