Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan.

Devi Purwati, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Devi Purwati, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran time token yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V SD Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa ,dan objeknya adalah model pembelajaran time token dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 51,52 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 68,70 atau tergolong kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 81,74 atau tergolong cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Mengemukakan Pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2021 14:54
Last Modified: 07 Jun 2021 14:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49390

Actions (login required)

View Item View Item