Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 1 SEBERIDA

Bahrudin (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 1 SEBERIDA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL KECUALI BAB IV_BAHRUDDIN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_BAHRUDDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penomena pembelajaran secara umum di Indonesia guru masih menggunakan metode, model, serta strategi pembelajaran konvensional untuk menjawab persoalan tersebut dalam rangka mengimplementasikan kurikulum dalam proses pembelajaran salah satu diantaranya menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memberikan gambaran tentang strategi pembelajaran kontekstual guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Seberida, 2) Mendeskrifsikan dan mengungkapkan hasil strategi pembelajaran kontekstual guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan keagamaan di SMA Negeri 1 Seberida, 3) Menguraikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pada strategi kontekstual guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan keagamaan siwa di SMA Negeri 1 Seberida. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan , pedagogis, fisikologis dan sosiologis. Adapun lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Seberida, informan yang dijadikan sebagai sumber adalah kepala Sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan peserta didik itu sendiri.Teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Pertama, sebelum dan ketika proses pembelajaran berlangsung, dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran penataan ruang kelas, memperhatikan, mempertimbangkan karakteristis peserta didik. Kedua, hasil penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di dalam kelas dalam pembinaan keagamaan siswa SMA Negeri 1 Seberida. Ketiga, strategi pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi pemberian keteladanan dan motivasi peserta didik dalam bentuk praktek ibadah, sikap, dan perilaku sehari-hari. Faktor pendukung yakni pembentukan integritasi diri peserta didik, guru pendidikan agama Islam yang profesional, sumber belajar, metode, strategi pembalajaran dan faktor penghambat adalah perbedaan krakteristik peserta didik, sarana dan prasarana. Implikasi penelitian pentingnya meningkatkan dan mengembangkan strategi inovasi dan kreatifitas pembelajaran khususnya pembelajaran pendidikan Islam, upaya guru dalam meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, dan perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengukur efektifitas strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk integritas diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:02
Last Modified: 04 Jun 2021 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49389

Actions (login required)

View Item View Item