Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Status Kepemilikan Dedak Hasil Penggilangan Padi Dengan Sistem Huller Berjalan di Jorong Lubuk Nago, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sumatera Barat”.

Ahmad Fauzi, - (2021) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Status Kepemilikan Dedak Hasil Penggilangan Padi Dengan Sistem Huller Berjalan di Jorong Lubuk Nago, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sumatera Barat”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD FAUZI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penggilingan padi merupakan suatu kegiatan yang produktif, kegiatan ini mampu mengolah padi menjadi beras. Didalam bermuamalah mengolah padi menjadi beras ini, banyak dari pihak penggiling yang menjadikan sisa hasil penggilingan padi berupa dedak untuk menjadi miliknya, karena di anggap dedak itu hanya sebagai sampah. Sehingganya jika petani menggilingkan padi kepada penggiling, maka secara otomatis sisa hasil penggilingan padi khususnya dedak secara otomatis langsung menjadi milik pihak penggiling, padahal dedak hasil penggilingan padi itu berasal dari padi petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana status kepemilikan dedak di jorong Lubuk Nago, bagaimana akad yang dilakukan oleh pihak penggiling dan pihak petani di jorong Lubuk Nago, dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap status kepemilikan dedak sisa hasil penggilingan padi di jorong Lubuk Nago, kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sumatera Barat. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif(field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang keadaan yang terjadi dan interaksi antara unit-unit sosial yang bersifat apa adanya, individu, kelompok serta masyarakat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang teridiri dari 108 orang petani dan 4 orang penggiling, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah dalam hal kepemilikan dedak hasil penggilingan padi pada dasarnya adalah milik dari petani yang ingin menggilingkan padinya untuk menjadi beras, tejadinya perpindahan kepemilikan dedak dari pihak petani kepada pihak penggiling bisa dilakukan atas beberapa catatan: pertama, pihak penggiling meminta dedak tersebut untuk menjadi miliknya. Kedua, pihak penggiling membeli dedak tersebut kepada pihak petani untuk menjadi miliknya. Ketiga, pihak petani memberikan secara langsung dedak tersebut kepada penggiling tanpa di mintai terlebih dahulu oleh pihak penggiling. Dalam hal pelaksanaan akad penggilingan yang dilakukan oleh pihak petani dan pihak penggiling adalah menggunakan akad Ijarah(sewa jasa) dengan upah berupa uang atau beras. Perpindahan kepemilikan dedak hasil penggilingan padi tidak bertentangan dengan Fiqh Muamalah karena perpindahan kepemilikan itu sudah menjadi kebiasaan (العرف)‎, serta perpindahan kepemilikan dedak itu termasuk Istihsan Bi Al Ijma.. Kata Kunci : Penggilingan, Padi, Dedak, Ijarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:30
Last Modified: 09 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49383

Actions (login required)

View Item View Item