Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CARA PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SIANTAN TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

HANA PERA, - (2021) PENGARUH CARA PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SIANTAN TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN KECUALI HASIL PENELITIAN BAB IV DAN BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE BAB IV DAN BAB V TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Hana Pera (2021) : Pengaruh Cara Pemberian Penguatan(Reinforcement) dan Iklim Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Pemberian penguatan merupakan keterampilan dasar dalam mengajar. Pemberian penguatan yang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran perlu didukung oleh ikim belajar yang kondusif agar peserta didik lebih termotivasi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara pemberian penguatan (reinforcement) dan iklim belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 179 orang dan tidak dilakukan pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier dan Berganda dengan bantuan Program SPSS. Versi. 19.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan cara pemberian penguatan (reinforcement) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Hasil ini ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 7.019 lebih besar dari ttabel 1.973 (7.019 > 1.973), koefisien korelasi sebesar 0.720 dan nilai determinasi 0.519. Besar sumbangannya terhadap prestasi belajar peserta didik 51.9%. (2) Terdapat pengaruh signifikan iklim belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil ini ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 4.914 lebih besar dari t tabel 1.973 (4.914 > 1.973), koefisein korelasi sebesar 0.677 dan nilai determinasi 0.459. besar sumbangannya terhadap prestasi belajar peserta didik 45.9%. (3) Terdapat pengaruh signifikan pemberian penguatan (reinforcement) dan iklim belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil ini ditunjukan dengan Fhitung sebesar 120.081 lebih besar dari Ftabel 3.056 (120.081 > 3.056), koefisien korelasi sebesar 0.760 dan nilai determinasi 0.577. Besar sumbangannya terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 57.7%, sisanya sebesar 42. 3% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: Pemberian Penguatan, Iklim Belajar, Prestasi Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Jun 2021 14:02
Last Modified: 08 Jun 2021 14:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49375

Actions (login required)

View Item View Item