Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengelolaan Aktivitas Dakwah BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Kecamatan Tualang

Nadya Maula Nikma, Nadya (2021) Pengelolaan Aktivitas Dakwah BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Kecamatan Tualang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen dalam sebuah lembaga/organisasi untuk mencapai suatu tujuan lembaga yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk menciptakan perencanaan yang baik, pengorganisasian yang tertata dan hubungan yang baik dalam bekerja BKMT Kecamatan Tualang menggunakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengontrolan yang mana elemen-elemen dasar tersebut yang akan selalu ada dan melekat dalam proses pengelolaan aktivitas dakwah yang akan menjadi acuan oleh pemimpin dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata dalam bentuk tulisan maupun lisan dari individu dan perilaku yang diamati melalui pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah sebanyak 5 orang. Sumber data dalam penelitian ini ialah mereka yang aktif dan terlibat secara langsung dalam pengeololaan BKMT Kecamatan Tualang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dari aspek perencanaan BKMT memiliki perencanaan seperti mesyiarkan agama islam di Kecamatan Tualang dengan perencanaan kegiatan dakwah melaksanakan pengajian gabungan BKMT dengan majelis-majelis taklim di Kecamatan Tualang yang rutin diadakan sebulan sekali dan mengundang penceramah, kemudian penyantunan yatim piatu dan kaum dhuafa yang rutin juga di laksanakan setiap bulannya. Dalam pengorganisasian nya BKMT Kecamatan Tualang membagi pengelompokkan kerja kedalam 6 bidang kerja. Pergerakan ataupun pelaksanaan BKMT dilaksanakan sesuai dengan perencanaan awal dan tugas masing-masing individu dan kelompok kerja dari kepengurusan BKMT Kecamatan Tualang dan pengawasan yang dilakukan oleh Ketua BKMT dengan cara ikut terjun langsung sekaligus memantau dalam pelaksanaan aktivitas dakwah BKMT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, aktivitas dakwah BKMT
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:58
Last Modified: 08 Jun 2021 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49374

Actions (login required)

View Item View Item