KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN TES MULTIPLE CHOICE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 PEKANBARU

Oktaria risa, (2014) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN TES MULTIPLE CHOICE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan dalam menyusun tes baik lisan maupun tulisan. Di antara jenis tes yang sering digunakan dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda atau multiple choice. Biasanya tes jenis ini sering digunakan pada waktu evaluasi atau Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Dalam rangka menyusun tes multiple choice tersebut terdapat sejumlah ketentuan yang harus dipedomani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun tes multiple choice di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru. Sebagai subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan objeknya adalah kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice. Populasi penelitian adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah tiga orang. Mengingat jumlah populasi tidak banyak maka dalam penelitian ini seluruh populasi diteliti. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa (1) kemampuan guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru dalam menyusun tes multiple choice tergolong sangat baik dengan persentase 91%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam arti mendukung kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice adalah (a) faktor pengetahuan guru itu sendiri, (b) faktor pelatihan/penataran yang diikuti, (c) faktor pengawasan dan (d) faktor ketersedian waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 17 May 2016 04:02
Last Modified: 17 May 2016 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item