Oktaria risa (2014) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN TES MULTIPLE CHOICE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan dalam menyusun tes baik lisan maupun tulisan. Di antara jenis tes yang sering digunakan dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda atau multiple choice. Biasanya tes jenis ini sering digunakan pada waktu evaluasi atau Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Dalam rangka menyusun tes multiple choice tersebut terdapat sejumlah ketentuan yang harus dipedomani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun tes multiple choice di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru. Sebagai subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan objeknya adalah kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice. Populasi penelitian adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah tiga orang. Mengingat jumlah populasi tidak banyak maka dalam penelitian ini seluruh populasi diteliti. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa (1) kemampuan guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Pekanbaru dalam menyusun tes multiple choice tergolong sangat baik dengan persentase 91%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam arti mendukung kemampuan guru dalam menyusun tes multiple choice adalah (a) faktor pengetahuan guru itu sendiri, (b) faktor pelatihan/penataran yang diikuti, (c) faktor pengawasan dan (d) faktor ketersedian waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 04:02 |
Last Modified: | 17 May 2016 04:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4937 |
Actions (login required)
View Item |