Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang.

Azizah Yuliarti, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Azizah Yuliarti, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Tematik melalui penerapan strategi pembelajaran scramble di kelas IV SDN 028 Rimbopanjang. Penelitian ini fokus pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran scramble dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan yang rata-rata tes pemahamannya adalah 52,85. Kemudian setelah strategi pembelajaran scramble dilakukan, Pada siklus I mengalami kenaikan yaitu 70,08 dan pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 81,39. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampun pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kata kunci : Strategi Scramble, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:06
Last Modified: 04 Jun 2021 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49365

Actions (login required)

View Item View Item