Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif untuk meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada tema globalisasi kelas VI SDN 001 Airtiris

Zanetta Dwi Putri, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif untuk meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada tema globalisasi kelas VI SDN 001 Airtiris. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

ABSTRAK Zanetta Dwi Putri, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif untuk meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada tema globalisasi kelas VI SDN 001 Airtiris Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas VI SD Negeri 001 Airtiris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah satu orang guru dan 24 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Debat Aktif dan Keterampilan Komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penerapan starategi Debat Aktif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya dari pra-siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus atau sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai nilai rata-rata 56,41 atau masih masuk kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 79,89 atau termasuk kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat kembali menjadi 91,72 atau termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Debat Aktif dapat meningkatkan Keterampilan Komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 001 Airtiris. Kata Kunci : Model Pembelajaran Debat Aktif, Keterampilan komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:01
Last Modified: 09 Jun 2021 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49358

Actions (login required)

View Item View Item