Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Petapahan Jaya.

Elvira Utami, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Petapahan Jaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elvira Utami, 2021: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Petapahan Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 5 subtema 1 materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model inkuiri kelas IVB SDN 024 Petapahan Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih tergolong rendahnya kemampuan berpikir kritis dikelas IVB SDN 024 Petapahan Jaya diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 orang siswa kelas IVB SDN 024 Petapahan Jaya. Objek dalam penelitian ini adalah model Inkuiri dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan kemampaun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 12,5. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 38,13 dengan ketuntasan klasikal 20,83%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 74,17 dan ketuntasan klasikal 75% dengan kategori Kritis. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Inkuiri pada 5 subtema 1 materi sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IVB SDN 024 Petapahan Jaya. Kata Kunci : Model Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2021 09:22
Last Modified: 08 Jun 2021 09:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49355

Actions (login required)

View Item View Item