Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

ATIKAH ARISTIA, - (2021) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Atikah Aristia (2021): Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang kurang keinginan bersaing dalam belajar karena tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 103 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 82 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Objek dalam penelitian ini yaitu pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari perbandingan rhitung dengan rtabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk taraf kesalahan 5% (0,643 > 0,220) maupun 1% (0,643 > 0,286), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar berdasarkan uji R Square sebesar 41,4%. Sedangkan sisanya 58,6% (100% - 41,4%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Self Efficacy, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:53
Last Modified: 08 Jun 2021 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49351

Actions (login required)

View Item View Item