Rizki Amalia (2014) KERJASAMA GURU PEMBIMBING DAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA(BNNK)PEKANBARUDALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) wujud kerjasama guru pembimbing dan BNNK Pekanbaru dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada siswa SMKN 2 Pekanbaru dan (2) Faktor- faktor pendukung dan penghambat kerjasama guru pembimbing dan BNNK Pekanbaru dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan anggota BNNK Pekanbaru bagian pencegahan serta siswa yang mengikuti pengkaderan di SMKN 2 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kerjasama dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Populasi dalam penelitian 4 orang guru pembimbing, 1 orang anggota BNNK Pekanbaru dan 60 siswa yang mengikuti pengkaderan, setelah dilakukan pengambilan sampel 50% dengan cara purposive sampling (pengambilan sampel bertujuan) maka didapatlah sampel sebanyak 30 siswa, 2 orang guru pembimbing dan 1 orang anggota BNNK Pekanbaru. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dan angket, data wawancara dipaparkan dengan teknik deskriptif, yaitu teknik menggambarkan fenomena yang diperoleh dengan apa adanya, kemudian diklasifikasikan dan digambarkan dengan kalimat dan data angket dianalisis dengan persentase yang kemudian disimpulkan secara deskriptif kuantitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud kerjasama guru pembimbing dan BNNK Pekanbaru dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa lebih kepada koordinasi dalam kegiatan penyuluhan dan pengkaderan di sekolah, guru pembimbing membantu mempersiapkan siswa, tempat dan izin serta mengikuti kegiatan, selain itu guru juga guru pembimbing membentuk konseling teman sebaya dari siswa pengkaderan dengan adanya kerjasama guru pembimbing dan BNNK Pekanbaru, guru pembimbing dapat lebih mengoptimalkan fungsi pencegahan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada siswa. Dari data angket dapat diketahui bahwa kerjasama guru pembimbing dan BNNK Pekanbaru dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa SMKN 2 Pekanbaru tergolong dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase yang peneliti ambil ketika melakukan penelitian terhadap siswa SMKN 2 Pekanbaru yang pernah mengikuti pengkaderan yakni hasil persentasenya adalah 81,6% yang terletak pada berada 81-100% (sangat baik).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:48 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4930 |
Actions (login required)
View Item |