PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU

Dewi Yana, (2011) PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011700.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu unsur pendukung yang amat penting dalam proses belajar mengajar. Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting karena di perpustakaan tersedia koleksi-koleksi buku yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam menemukan sumber-sumber pembelajaran. Dan perpustakaan juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perpustakaan dalam menujang proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan perpustakaan dalam menujang proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Populasi penelitian adalah seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru yang berjumlah 39 orang dan siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 471 orang. Oleh karena populasi guru tidak begitu besar, maka tidak diadakan penarikan sampel. Sedangkan populasi siswa penulis anggap cukup besar, maka pada siswa diadakan penarikan sampel sebesar 25% (118 orang). Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis menggunakan angket dan wawancara. Angket disusun sedemikian rupa, setiap item terdiri dari tiga buah alternatif jawaban, yakni a, b dan c. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan perpustakaaan dalam menunjang proses pembelajaran baik bagi guru maupun siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru tergolong cukup optimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru adalah: faktor pendukung 1. Jumlah tenaga pengelola perpustakaan cukup memadai 2. Gedung dan fasilitas perpustakaan juga cukup baik , letak perpustakaan cukup strategis 3. Koleksi buku yang ada di perpustakaan cukup membantu dalam proses pembelajaran. faktor penghambat 1. Masih kurangya keinginan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran. 2. Guru jarang mengajak siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sarana penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item