Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Perda Kabupaten Kampar No. 7 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Kecamtan Koto Kampar Hulu dalam Perspektif Fiqih Siyasah.

Muhammad Khairul Asri, Khairul (2021) Implementasi Perda Kabupaten Kampar No. 7 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Kecamtan Koto Kampar Hulu dalam Perspektif Fiqih Siyasah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini berlatar belakang dari penyalahgunaan narkoba di Wilayah Kecamatan Koto Kampar Hulu, penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif telah diatur di dalam undang-undang dan Perda Kabupaten Kampar No. 7 Tahun 2018, penyalahgunaan narkoba selalu terjadi setiap tahunnya di Kecamtan Koto Kampar Hulu padahal larangan Tentang Penyalahgunaan Narkoba telah di atur dalam peraturan daerah. Dalam penulisan ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni Bagaimana implementasi Perda Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif di Kecamatan Koto Kampar Hulu, Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap pelaksanaan Perda Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif di Kecamtan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kecamatan Koto Kampar Hulu. pengumpulan data melalui observasi dan wawancara sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Pemerintah Kecamatan yaitu Camat Beserta Jajaran, Kepolisian Sektor Maupun Bhabinkabtibmas dan Oraganisasi yang terkait Seperti Granat. Data sekunder data yang didapat dari buku- buku, dokumentasi yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Penulis memperoleh hasil penelitian bahwasannya terkait pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narakoba di Koto Kampar Hulu belum efektif dilakukan, terbukti dengan adanya kasus penyalahgunaan narkoba setiap tahunya dibuktikan dengan data yang diproleh dari pihak kepolisian bahawa dari tahun 2019-2021 telah terjadi 7 kasus penyalahgunaan narkoba, pemerintah Koto Kampar Hulu tidak rutin melalukan sosialisasi kepada masyarakat, sosialisasi merupakan salah satu upaya dalam pencegahan terjadinya penyalahgunaan narkoba dan permasalahan dana yang tidak cukup serta lambat turun dari pihak Kabupaten, tidak hanya itu saja, terkait dengan belum adanya Sektor Kepolisian di wilayah Kecamatan Koto Kampar Hulu membuat penyalahgunaan dan peredaran Narkoba sering terjadi dikarenakan luasnya wilayah Kecamatan Koto Kampar Hulu dan XII Koto Kampar. Dengan demikian hasil dari pencegahan dan penanggualangan penyalahgunaan narkoba tidak sesuai dengan tinjauan Fiqh Siyasah dikarenakan pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap masyarakat dan menciptakan kawasan yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:48
Last Modified: 02 Jun 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49121

Actions (login required)

View Item View Item