PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KISAH NABI AYUB AS MELALUI METODE SINERGIS PADA SISWA KELAS V SDN 004 LUBUK AGUNG KECAMATAN BANDAR SIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

Sinariyati, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KISAH NABI AYUB AS MELALUI METODE SINERGIS PADA SISWA KELAS V SDN 004 LUBUK AGUNG KECAMATAN BANDAR SIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011213.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di SDN 004 Lubuk Agung Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan, guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran kisah Nabi Ayub As dengan baik seperti telah melakukan persiapan mengajar dengan menggunakan silabus, telah mengajar dengan metode ceramah dan tanya jawab, telah memberi kesempatan bertanya kepada siswa, telah mendorong siswa dalam belajar, Namun dari studi awal diketahui bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran kisah Nabi Zakaria As masih kurang, seperti gejalagejala seperti siswa bermain-main dalam proses pembelajaran, siswa tidak kreatif untuk menjawab pertanyaan guru, siswa kurang mau bertanya kepada guru, siswa kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru Berdasarkan analisa penulis sementara, bahwa gejala-gejala tersebut di atas terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran, sehingga kurang menarik perhatian dan motivasi siswa. Pada dasarnya banyak metode yang bisa dipilih dan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa, diantaranya adalah melalui model pembelajaran active learning atau belajar aktif. Salah satu model pembelajaran active learning tersebut adalah: ”Metode Sinergis.” Metode Sinergis ialah metode pengajaran yang memungkinkan siswa yang memiliki pengalaman yang berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan. Berdasarkan metode tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Kisah Nabi Ayub As Melalui Metode Sinergis Pada Siswa Kelas V SDN 004 Lubuk Agung Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan.” Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa otivasi siswa dalam pembelajaran kisah Nabi Ayub As melalui metode ceramah dan tanya jawab (sebelum tindakan kelas) di kelas V SDN 004 Lubuk Agung Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan Kurang baik. (43%). Motivasi siswa dalam pembelajaran kisah Nabi Ayub As setelah tindakan kelas dilakukan melalui metode sinergis di kelas V SDN 004 Lubuk Agung Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan sampai siklus kedua, adalah cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:03
Last Modified: 21 Dec 2015 06:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item