Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Pelaksanaan Akad Ijarah pada Safe Deposit Box (SDB) Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru

Siti Fatimah, - (2021) Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Pelaksanaan Akad Ijarah pada Safe Deposit Box (SDB) Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Fatimah, (2021): Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Pelaksanaan Akad Ijarah pada Safe Deposit Box (SDB) Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program yang diberikan Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru berupa penyimpanan barang berharga pada safe deposit box berdasarkan akad ijarah. Peniliti tertarik mengkaji secara mendalam terkait bagaimana pelaksanaan akad ijarah penyimpanan barang berharga pada safe deposit box Bank BNI syariah cabang Pekanbaru dan bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap penerapan akad ijarah penyimpanan barang berharga pada safe deposit box BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian hukum Islam sosiologi (sosiologi yuridis) dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research), yang berlokasi di Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 484 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 orang nasabah yang masih aktif pengguna jasa safe deposit box, terdiri dari 2 orang karyawan BNI Syariah kantor cabang Pekanbaru dan 13 orang nasabah yang masih aktif menggunakan jasa safe deposit box dalam tiga tahun terakhir pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum pihak Bank belum melaksanakan akad ijarah dengan baik pada safe deposit box. Belum sesuai dengan aturan seperti rukun dan syarat dalam penyimpanan barang berharga pada safe deposit box. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil bahwa pelaksanaan akad ijarah pada safe deposit box di Bank BNI syariah cabang Pekanbaru masih terdapat kekurangan-kekurangan antara lain: a. Tidak boleh adanya pajak penyewaan safe deposit box, b. Pihak Bank tidak menggunakan 2 kunci, c. Pihak Bank tidak menerapkan adanya denda ketika terlambat membayar sewa, d. Pihak Bank tidak mengetahui jenis barang yang disimpan. Dengan kondisi tersebut menyebabkan banyak informasi yang tidak tersampaikan serta kurangnya pemahaman bagi nasabah. Ditinjau dari Fiqih muamalah terhadap pelaksanaan akad ijarah pada safe deposit box Pekanbaru belum memenuhi aturan fiqih muamalah. Terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki dengan aturan antara lain: a. Tidak boleh adanya pajak penyewaan safe deposit box, b. Pihak Bank menggunakan 2 kunci, c. Pihak Bank menerapkan adanya denda ketika terlambat membayar sewa, d. Serta pihak Bank mengetahui jenis barang yang disimpan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:51
Last Modified: 02 Jun 2021 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48869

Actions (login required)

View Item View Item