Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Terhadap Faktor Penyebab Pernikahan Wanita Hamil di Luar Nikah (Studi di Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan)

Wilda Aulia, - (2021) Analisis Terhadap Faktor Penyebab Pernikahan Wanita Hamil di Luar Nikah (Studi di Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wilda Aulia (2021): Analisis Terhadap Faktor Penyebab Pernikahan Wanita Hamil di Luar Nikah (Studi di Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan) Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Terhadap Faktor Penyebab Pernikahan Wanita Hamil Di Luar Nikah (Studi di Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan)”. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana faktor penyebab mengenai pernikahan wanita hamil di luar nikah di Desa Sialang Godang Keca-matan Bandar Petalangan, serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap faktor penyebab mengenai pernikahan wanita hamil di luar nikah di Desa Sialang Go-dang Kecamatan Bandar PetalanganKabupaten Pelalawan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tokoh masyarakat.Dalam mengum-pulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen sehingga diperoleh datanya berupa data tentang faktor penyebab mengenai pernikahan wanita hamil di luar nikah. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan menganalisis kasus yang ada pada pernikahan wanita hamil di luar nikah di Desa Sialang Godang Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa : Penyebab terjadinya hamil di luar nikah di Desa Sialang Godanga terbagi menjadi beberapa faktor yaitu faktor pendidika, faktor peran keluarga, faktor keagamaan dan faktor lingkungan. Faktor Pendidikan yaitu kurangnya ilmu pengetahuan akibat dari keluarganya tidak dapat membiayai ke kenjang yang lebih tinggi. Faktor peran keluarga yaitu kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak, kondisi orang tua yang permisivisme ataupun jauh dari pendidikan Islam. Faktor agama yaitu kurangnya ilmu mengenai tentang Ilmu Pendidikan Agama. Faktor lingkungan yaitu lingkungan bebas dan pergaulan yang tidak mendudukung dapat melakukan hubungan seksual. Solusinya terhadap pencegahan remaja hamil di luar nikah : fenomena hamil di luar nikah sebagai sebuah aib dan malapetaka terhadap keluarga inti. Sebab itu solusi dari keluarganya memberi dorongan ataupun motivasi agar terjauhi dari perbuatan hal seksual yang dapat mencoreng nama baik keluarga. Dari hukum Is-lam ataupun al-Qur’an ayat 3 An-Nuur Ayat 3 hakekat diperuntukan wanita yang baik untuk laki-laki yang baik dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:34
Last Modified: 02 Jun 2021 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48864

Actions (login required)

View Item View Item