Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROSPEK USAHA SANGGAR SENI LIMPAPEH RUMAH NAN GADANG UJUNG GADING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat)

Nadia Sufna, - (2021) PROSPEK USAHA SANGGAR SENI LIMPAPEH RUMAH NAN GADANG UJUNG GADING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nadia Sufna (2021): “Prospek Usaha Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga ditinjau dari Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan atau usaha yang dilakukan di Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading. Dimana mereka selalu meningkatkan profesionalitas dalam memberikan jasa kepada konsumen untuk meningkatkan pendapatan sanggar. Masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana prospek usaha yang dilakukan Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga, dan bagaimana pandangan islam terhadap usaha Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan pada Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dan adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Total Sampling (penelitian dalam populasi). Maka sumber data dan pengumpulan data diperoleh melalui lapangan, baik berupa wawancara, observasi dan ditambah dengan literatur-literatur yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti, baik sebagai sumber primer maupun sekunder. Sedangkan metode yang digunakan untuk analisa data yaitu metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa usaha Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading masih kurang adil dalam memberikan harga kepada konsumen karna ini pendapatan usaha sanggar menjadi menurun, untuk itu diharapakan kepada pihak sanggar agar lebih adil dan terbuka lagi dalam memberikan harga kepada konsumen. Usaha yang dilakukan Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading ini adalah sebuah usaha untuk meningkatkan pendapatan sanggar dan pendapatan rumah tangga juga. Kemudian mengenai Usaha Sanggar Seni Limpapeh Rumah Nan Gadang Ujung Gading senantiasa selalu berpedoman kepada konsep dan prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam, dan usaha ini tidak bertentangan dengan ekonomi Islam. Kata Kunci : Prospek Usaha, Seni, Peningkatan Pendapatan, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:35
Last Modified: 04 Jun 2021 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48846

Actions (login required)

View Item View Item