Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERFORMA PRODUKSI KAMBING KACANG YANG DIBERI WAFER RANSUM KOMPLIT DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DAN MAHKOTA BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr)

Abdurrauf Romalio Nasution, - (2021) PERFORMA PRODUKSI KAMBING KACANG YANG DIBERI WAFER RANSUM KOMPLIT DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DAN MAHKOTA BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
SKIRPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Produksi kambing kacang memiliki peranan penting untuk menumbuhkan aktivitas pendapatan sebagian besar petani kecil, selain menjadi sumber protein hewani juga dapat menunjang ketahanan pangan nasional. Ketersediaan pakan yang baik dapat diatasi dengan memanfaatkan limbah kulit dan mahkota nanas dalam bentuk wafer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Performa Produksi Kambing Kacang melalui Pemberian Wafer Ransum Komplit dengan Penambahan Tepung Kulit dan Mahkota Buah Nanas (Ananas comosus L. Merr). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan 12 ekor kambing kacang dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok, yang dipelihara selama 35 hari dengan menggunakan P0 (0% Kulit dan Mahkota Nanas), P1 (7% Kulit dan Mahkota Nanas), P2 (14% Kulit dan Mahkota Nanas), P3 (21% Kulit dan Mahkota Nanas). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan (PBB) dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan pemberian wafer ransum komplit berbahan kulit dan mahkota nanas sampai 21% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap peningkatan konsumsi ransum dengan rataan 1032.80 – 1076.86 g/e/h, pertambahan bobot badan (PBB) dengan rataan 67.74 – 91.90 g/e/h dan konversi ransum dengan rataan 11.95 – 16.83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian wafer ransum komplit dengan penambahan tepung kulit dan mahkota buah nanas sampai 21% belum dapat memperbaiki performa produksi kambing kacang. Kata kunci: Kambing kacang, Wafer Kulit dan Mahkota Buah Nanas, Konsumsi ransum, PBB, Konversi Ransum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 31 May 2021 07:18
Last Modified: 31 May 2021 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48835

Actions (login required)

View Item View Item