Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TATA KELOLA CAMAT DALAM UPAYA PENYELENGGARAAN KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM DI KECAMATAN UJUNGBATU BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 17 TAHUN 2018 TENTANG KECAMATAN

Rahmat Hartono, - (2021) TATA KELOLA CAMAT DALAM UPAYA PENYELENGGARAAN KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM DI KECAMATAN UJUNGBATU BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 17 TAHUN 2018 TENTANG KECAMATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ketentraman dan Ketertiban umum merupakan suatu interaksi sosial yang efektif antar masyarakat maupun dengan pihak pemerintah yang dapat merealisasisikan aktivitas secara baik dan teratur. Namun pemerintahan kecamatan yang dipimpin oleh camat dalam ketentraman dan ketertiban umum harus menjaga rasa aman, tentram dan damai. Namun di dalam kenyataannya masih banyak kafe remang-remang yang menyediakan pramuria dan warung tuak yang ada di kecamatan UjungBatu Kabupaten Rokan Hulu yang belum ditutup sehingga meresahkan masyarakat selama ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana tata kelola camat dalam upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di kecamatan ujungbatu kabupaten rokan hulu berdasarkan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan dan apa faktor-faktor penghambat atas kinerja camat dalam upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di kecamatan ujungbatu kabupaten rokan hulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis,penelitian yang dilakukan dilapangan atau langsung kepada masyarakat. Sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Camat UjungBatu, Kapolsek UjungBatu, Kasi Katertib, Staff Pelaksana Katertib, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tata kelola camat dalam upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di kecamatan ujungbatu kabupaten rokan hulu berdasarkan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan, berdasarkan pasal 10 huruf c, bahwa dalam melaksanakan tugas upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum diwilayahnya pihak kecamatan senantiasa bekerjasa sama dan bersinergi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia, instansi vertikal kecamatan serta satpol pp yang diberi wewenang dalam pengawasan yang lebih efektif terhadap ketentraman dan ketertiban umum di lingkungan kabupaten rokan hulu termasuk kecamatan ujungbatu, camat juga melakukan razia tanpa ada perencanaan apabila ada laporan langsung dari masyarakat. Namun didalam pelaksanaannya memang masih dirasakan belum dilakukan secara optimal. Hambatan yang dihadapi camat dalam upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di kecamatan ujungbatu kabupaten rokan hulu, antara lain adalah tidak ada anggaran, minimnya fasilitas kendaraan dari pihak kecamatan untuk dilakukan pemantauan dan tidak adanya tempat pembinaan sosial dan kekurangan personil satpol pp dalam melakukan pengawasan, tidak ada regulasi dan retribusi yang dipungut dan komponen masyarakat sekitar tempat tersebut yang tidak peduli atau acuh tak acuh dengan keberadaan kafe remang-remang dan warung tuak. Kata Kunci : Tata Kelola, Camat, Ketentraman dan Ketertiban Umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Jun 2021 10:42
Last Modified: 01 Jun 2021 10:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48830

Actions (login required)

View Item View Item