Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN NUTRISI PELLET KONSENTRAT HIJAU BERBASIS LEGUMINOSA DAN LIMBAH PERTANIAN DENGAN FORMULASI BERBEDA SEBAGAI PAKAN KAMBING

Tetri Narmi, - (2021) KANDUNGAN NUTRISI PELLET KONSENTRAT HIJAU BERBASIS LEGUMINOSA DAN LIMBAH PERTANIAN DENGAN FORMULASI BERBEDA SEBAGAI PAKAN KAMBING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan jenis leguminosa sebagai hijauan pakan ternak kambing merupakan salah satu alternatif penyediaan pakan hijauan yang terbatas pada saat musim kemarau dalam bentuk pellet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi berupa Bahan kering (BK), Protein kasar (PK), Serat kasar (SK), Lemak kasar (LK), dan Abu yang terdapat pada pellet konsetrat hijau yang berbahan dasar leguminosa dan limbah pertanian sebagai pakan kambing. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan terdiri dari P0(Konsentrat tanpa legum), P1(Konsentrat dengan 10% indigofera+10% lamtoro+10% gamal+10% jerami kacang tanah), P2(Konsentrat dengan 40% indigofera), P3(Konsentrat dengan 40% lamtoro), dan P4(Konsentrat dengan 40% gamal). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan legum dengan formulasi berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan BK, PK, SK, LK, dan Abu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan legum pada formulasi pellet dapat meningkatkan kandungan nutrisi pellet terutama kandungan PK pellet, dengan formulasi pellet terbaik adalah penambahan 40% gamal diikuti oleh lamtoro dan indigofera. Kata kunci : Nutrisi, konsentrat hijau, leguminosa, limbah pertanian, pellet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 31 May 2021 07:00
Last Modified: 31 May 2021 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48813

Actions (login required)

View Item View Item