Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Directed Reading Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kecamatan Tambang.

Alfia Karisma, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Directed Reading Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kecamatan Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alfia Karisma, (2021): Penerapan Metode Pembelajaran Directed Reading Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kecamatan Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan metode pembelajaran directed reading activity pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kecamatan Tambang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran directed reading activity dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 59,19 dengan ketuntasan klasikal 41,93% atau berada pada kategori kurang. Setelah menerapkan metode pembelajaran directed reading activity pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 71,29 dengan ketuntasan klasikal 67,74% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 81,61 dengan ketuntasan klasikal 83,87% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang Kecamatan Tambang. Kata kunci: Metode Pembelajaran Directed Reading Activity, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Jun 2021 05:41
Last Modified: 01 Jun 2021 05:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48806

Actions (login required)

View Item View Item