Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ PADA MASA COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru)

AFNI UMALINA, - (2021) PERANAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ PADA MASA COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Afni Umalina, (2021): Peranan Dana Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq pada Masa Covid-19 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peranan dana zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq pada masa Covid-19. (2) peranan dana zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq pada masa Covid-19 ditinjau menurut ekonomi syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan. populasi dalam penelitian ini berjumlah 164 orang dengan sampel 16 responden dari para mustahiq yang telah menerima bantuan, dan 1 sampel dari bidang pendistribusian dana zakat produktif, jadi total sampel yang peneliti gunakan berjumlah 17 orang, dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peranan dana zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq pada masa Covid-19 mampu meningkatkan kesejahteraan mustahiq, hal ini dapat dilihat dari pendapatan mustahiq yang mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan primer anggota keluarga, pendidikan dan kesehatan anggota keluarga.Peranan Dana Zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq pada masa Covid-19 Tinjauan menurut ekonomi Syariah, bahwa zakat produktif mampu meningkatkan kesejahteraan mustahiq, tetapi hanya sebatas pemenuhan kebutuhan primer (Dharuriyat), dan kebutuhan sekunder (Hajiyat), sedangkan kebutuhan tersier (Tahsiniyat) belum mampu terpenuhi. Kata kunci: Zakat Produktif, Kesejahteraan, Mustahiq, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 May 2021 07:21
Last Modified: 31 May 2021 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48774

Actions (login required)

View Item View Item