Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DANA DESA) MENURUT PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 11 TAHUN 2019 TENTANG PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2020 (Studi Kasus Di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis)

CICI RIANCI, - (2021) IMPLEMENTASI BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DANA DESA) MENURUT PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI DESA PDTT NOMOR 11 TAHUN 2019 TENTANG PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2020 (Studi Kasus Di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) Menurut Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 (Studi Kasus Di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis). Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemic Covid-19. BLT-Dana Desa ini bebas pajak. Fenomena terjadi di Desa Buluh Manis bahwa banyak terjadi masalah yang disampaikan oleh masyarakat dalam Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) diantaranya (i) penerima yang memenuhi kriteria tidak sebanding dengan jatah anggaran yang diambil dari dana desa, (ii) tidak terlaksana sesuai dengan pedoman dan tidak tepat sasaran, (iii) layak tetapi tidak terdata sebagai penerima sehingga menimbulkan dampak terhadap; (i) masyarakat yang menerima dan yang tidak menerima, dan; (ii) pejabat desa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) serta Dampak dari implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa). Secara teoritis manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDana Desa) di Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Penelitian terhadap pelaksanaan efektivitas hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris atau sosiologi hukum, melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat atau sinkronisasi antara hukum dengan masyarakat. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) menurut Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tidak terlaksana dengan baik, diantaranya; (i) pendataan penerima hanya dilakukan oleh Ketua RT (ii) calon penerima lebih banyak dari dana yang dimiliki desa (iii) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak mengawasi jalannya Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) (iv) penerima bantuan ganda. Dampaknya adalah (i) dampak bagi perangkat desa (ii) dampak bagi penerima, dan; (iii) dampak bagi yang tidak menerima bantuan langsung tunai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 May 2021 03:53
Last Modified: 31 May 2021 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48763

Actions (login required)

View Item View Item