Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau

Irham, - (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRHAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irham, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada mata pelajaran bahasa arab Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada mata pelajaran bahasa arab Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau tahun ajaran 2020/2021, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen Madrasah Tsanawiyah Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pada mata pelajaran Bahasa Arab di Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh,bahwa nilai To = 2,99 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,68 dan taraf signifikansi 5%= 2,01 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah pada mata pelajaran Bahasa Arab di Pondok Al- Qur’an Al- Majidiyah Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau. Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 May 2021 04:09
Last Modified: 31 May 2021 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48761

Actions (login required)

View Item View Item