Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kampar

Warni Gusnita, - (2021) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Warni Gusnita, (2021) : Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kampar melalui penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah satu orang guru dan 29 orang siswa dan objeknya adalah model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisa datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa sebelum tindakan kemampuan berpikir kreatif siswa hanya mencapai nilai rata-rata 38,36% dengan kategori sangat kurang. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai nilai rata-rata 56,68%. Dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh 78,13% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kampar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 May 2021 03:47
Last Modified: 31 May 2021 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48759

Actions (login required)

View Item View Item