HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERNAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NURUL FALAH KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU

M. Syukron, (2011) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERNAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NURUL FALAH KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011631.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, yang memiliki kompetensi berdasarkan UU No 14 Tahun 2005, Pasal 10 Ayat 1 tentang guru dan dosen. Seorang guru akan senang bekerja, dapat bekerja keras, merasa berharga dalam pekerjaannya, memiliki semangat juang yang tinggi untuk pekerjaannya dan dapat bekerja dengan standar yang telah ditetapkan di atas. Salah satu yang mempengaruhi kinerja guru adalah komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru. Komunikasi internal adalah proses pertukaran informasi, memotivasi, memberi suatu sanjungan kepada guru dengan kata-kata yang menumbuhkan semangat guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan antara komunikasi internal kepala Sekolah dengan kinerja guru di SMK nurul falah kecamatan senapelan pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara komunikasi internal kepala sekolah dengan Kinerja Guru di SMK Nurul Falah Kecamatan Senapelan Pekanbaru yang berjumlah 37 guru, dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 37 guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK nurul falah kecamatan senapelan pekanbaru yang berjumlah 37 orang dan disebut sebagai penelitian polulasi karena tidak mengambil sampel. Instrument penelitian berupa skala likert yang menggunakan 5 alternatif pilihan jawaban dari pernyataan. Untuk uji validitas menggunakan teknik Koefisien Korelasi Product Moment dari Person dengan program SPSS 16.0 For Windows dengan menggunakan standar nilai 0,30, sedangkan untuk reliabilitas dengan ketentuan teknik alpha dengan standar nilai 0,60. Hasil penelitian kemudian diolah dengan teknik Koefisien Korelasi Product Moment dari Person, dengan menggunakan SPSS 16,0 For Windows melalui komputerisasi. Untuk variabel komunikasi internal diperoleh validitas sebesar (-0,359) sampai (0,841) dengan reliabilitas (0,904). Sedangkan untuk variabel kinerja guru diperoleh validitas sebesar (0,110) sampai (0,606) dengan reliabilitas (0,782). Berdasarkan hasil analisa data maka diperolah koefisien korelasi sebesar 0,618 pada taraf signifikan 0,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian di terima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi internal kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK nurul falah kecamatan senapelan pekanbaru. Adapun bentuk hubungan yang terjadi kuat, yang artinya komunikasi yang terjadi di SMK nurul falah kecamatan senapelan pekanbaru baik, dengan tingkat hubungan sebesar 38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item