Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDY KASUS PEMBERIAN DISPENSASI NIKAH OLEH HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU

ABDUL HALIM, - (2021) STUDY KASUS PEMBERIAN DISPENSASI NIKAH OLEH HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dispensasi nikah merupakan pengecualian aturan atau hukum yang di berikan kepada pemohon untuk melangsungkan pernikahan. Dalam penelitian ini penulis mengupas tentang putusan permohonan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Pekanbaru pada tahun 2019.Fokus rumusan masalah yang di teliti yaitu : 1. Apakah Faktor yang melatar belakangi di ajukanya permohonan dispensasi nikah ? 2. Apakah pertimbangan hakim dalam penetapan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Pekanbaru? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis. Sifat deskriptif ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran yang baik, jelas, dan dapat memberikan analisa data secermat mungkin tentang obyek yang diteliti. Dalam hal ini untuk menggambarkan semua hal yang berkaitan tentang permohonan dispensasi nikah selama tahun 2019 di Pengadilan Agama Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang melatar belakangi permohonan dispensasi nikah yaitu sudah dalam kondisi hamil dan Latar belakang kekhawatiran orang tua terhadap anaknya yang berpacaran terlalu lama dan dekat akan melanggar norma syari‟at Agama, yang calon mempelai sudah siap lahir batin. Pertimbangan hukum hakim dalam memberikan dispensasi nikah adalah yaitu terdapat pasal 7 ayat 2 Undang Undang No.1 Tahun 1974 tentang dalam hal penyimpangan terhadap batas umur menikah dapat meminta dispensasi kepada Pengadilan atau Pejabat lain yang ditunjuk oleh kedua orang tua pihak pria maupun pihak wanita. pertimbangan hakim di luar hukum menggunakan konsep mashlahah mursalah karena ketentuan pembatasan umur dan dispensasi nikah tidak dijelaskan di dalam nash, tetapi kandungan maslahatnya sejalan dengan tindakan syara‟ yang ingin mewujudkan kemaslahatan bagi pemohon (kedua calon mempelai beserta keluarga) karena hamil dahulu dan kekhawatiran orang tua yang sudah tidak dapat di tawar oleh Hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 May 2021 04:06
Last Modified: 31 May 2021 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48689

Actions (login required)

View Item View Item