YESTI SERUNI, - (2021) STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP EKSISTENSI USAHA RESTO DAPOER MAMAH ITA PEKANBARU DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yesti Seruni, (2021): Strategi Marketing Mix Terhadap Eksistensi Usaha Resto Dapoer Mamah Ita Pekanbaru Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ekonomi Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, salah satu hal yang dianggap penting yaitu melakukan pemasaran terhadap produk yang telah dihasilkan, salah satu strategi pemasaran yaitu strategi marketing mix. Di masa pandemi Covid-19 saat sekarang ini banyak usaha yang mengalami kebangkrutan ataupun banyaknya usaha yang gulung tikar. Sementara itu, dengan banyaknya usaha yang tutup disaat pandemi Covid-19 Resto Dapoer Mamah Ita di jalan Delima Kelurahan Tobek Godang tetap bertahan dengan eksistensinya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi marketing mix terhadap eksistensi usaha Resto Dapoer Mamah Ita Pekanbaru di masa pandemi Covid-19, apa kendala dalam strategi marketing mix usaha Resto Dapoer Mamah Ita Pekanbaru di masa pandemi Covid-19 dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang strategi marketing mix. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di jalan Delima Kelurahan Tobek Godang, subjek pada penelitian ini adalah direktur utama, direktur operasional, direktur keuangan, dan restaurant manager Resto Dapoer Mamah Ita, sedangkan yang menjadi objeknya adalah Resto Dapoer Mamah Ita Jl. Delima Kelurahan Tobek Godang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang, yaitu direktur utama, direktur operasional, direktur keuangan, dan restaurant manager, jumlah sampelnya sebanyak 4 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Adapun hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Resto Dapoer Mamah Ita dalam mempertahankan eksistensinya di masa pandemi Covid-19 menggunakan strategi marketing mix, dari segi produk penyajian packagingnya lebih secure (aman) lagi menggunakan plastik lalu diikat dengan plaster, dari segi harga di masa pandemi yaitu tetap namun menurunkan target incomenya, aspek promosi dilakukan melalui jasa pengiriman Gojek ataupun Grab, serta dari segi tempat yaitu menerapkan social distancing dari segi tata letak mejanya. Kendala yang dihadapi yaitu tempat yang biasanya paling strategis adalah keramaian sekarang berubah menjadi pemenuhan melalui online yang menyebabkan kuantitas bangku berkurang, aspek produk hanya di human error, dalam aspek harga yaitu Resto Dapoer Mamah Ita tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak ada perubahan harga karna bisa berpengaruh terhadap customer dan promosi yang dilakukan kurang adanya impact karena ada peraturan pemerintah untuk tidak berkumpul dalam kerumunan di masa pandemi Covid-19. Strategi marketing mix yang dilakukan oleh Resto Dapoer Mamah Ita telah sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam, baik dari segi produk, harga, tempat, dan promosi yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 04 May 2021 04:07 |
Last Modified: | 04 May 2021 04:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48656 |
Actions (login required)
View Item |