Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengembalian Uang Sisa Pembelian Dengan Barang (Studi Kasus Pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru).

Rapiq Al Habibi Lubis, - (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengembalian Uang Sisa Pembelian Dengan Barang (Studi Kasus Pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Rapiq Al Habibi Lubis (2021): Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengembalian Uang Sisa Pembelian Dengan Barang (Studi Kasus Pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek pengembalian uang sisa pembelian dengan barang yang dilakukan pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pengembalian uang sisa pembelian dengan barang yang dilakukan pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru. Penelitian ini bersifat lapangan (fild risearch) bertempat di IIN Swalayan yang beralamat di Jalan Durian Kota Pekanbaru. Maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang karyawan IIN Swalayan dan 30 orang masyarakat yang menjadi konsumen di IIN Swalayan. Data primer adalah data yang di peroleh dari sumber asli lapangan atau lokasi penelitian yang memberi informasi langsung dalam penelitian. Data sekunder adalah bahan yang mendukung sumber data primer. Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari kitab-kitab fiqih, buku-buku, dan literatur yang berhubungan dengan pokok permasalah. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisa yang berusaha memberikan gambaran terperinci, berdasarkan kenyataan dilapangan dan mengkaitkan dengan teori dan memberikan keterangan yang mendukung untuk menjawab masing-masing masalah, sehingga dapat diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa praktek pengembalian uang sisa pembelian dengan barang yang dilakukan pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa praktek pengembalian uang sisa pembelian dengan barang berupa permen itu dilakukan saat pihak IIN Swalayan tidak mempunyai stock uang pecahan kecil atau uang recehan, sehingga pengganti uang recehan tersebut adalah permen. Sehingga mau tidak mau, ikhlas tidak ikhlas konsumen wajib menerima uang kembalian berupa barang atau permen. Sedangkan pandangan hukum Islam terhadap pengembalian uang sisa pembelian dengan barang yang dilakukan pada IIN Swalayan Jalan Durian Kota Pekanbaru tidak sesuai dengan hukum Islam. Karena jual beli yang sah yaitu adanya ijab dan qabul atau kesepakatan serta adanya dasar suka sama suka atau kerelaan antara pihak IIN Swalayan dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 May 2021 04:31
Last Modified: 04 May 2021 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48640

Actions (login required)

View Item View Item