SILVI MUSTAKIMA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Silvi Mustakima (2021) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision terhadap keaktifan belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dengan gejala-gejala masih ada siswa yang tidak berani mengeluarkan pendapatnya pada saat diskusi berlangsung, siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, dan Siswa tidak mampu mengemukakan pendapatnya di dalam kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 01 Kampar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4, yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe student team’s achievement division terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N01 Kampar. Hal ini dilihat dari rhitung > rtabel (0,227 < 0,645 > 0,259). Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap keaktifan belajar siswa adalah 41,5% sedangkan sisanya sebesar 58,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Student Tems Achievement Division, keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 May 2021 16:52 |
Last Modified: | 19 May 2021 16:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48623 |
Actions (login required)
View Item |