Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP KELUARGA SURGAWI DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Kisah Ammar bin Yasir dalam Tafsir Surah Al-Nahl Ayat 106)

DETY AFRIDA, - (2021) KONSEP KELUARGA SURGAWI DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Kisah Ammar bin Yasir dalam Tafsir Surah Al-Nahl Ayat 106). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

DETY AFRIDA, (2021) : KONSEP KELUARGA SURGAWI DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Kisah Ammar bin Yasir dalam Tafsir Surah Al-Nahl Ayat 106) Penelitian ini membahas mengenai konsep keluarga surgawi dalam perspektif al-Qur’an studi analisis kisah Ammar bin Yasir dalam tafsir surah al-Nahl ayat 106. Keluarga surgawi merupakan lingkungan sosial terkecil dalam kehidupan manusia yang mempunyai keinginan untuk memperoleh kenikmatan yang kekal bersama-sama. Konsep keluarga surgawi dalam Islam membangun nilai-nilai spiritual dengan tujuan bisa berkumpul kembali di surga. Hal ini telah dilalui oleh keluarga Ammar bin Yasir dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep keluarga surgawi dalam kisah Ammar bin Yasir yang terdapat pada tafsir surah al-Nahl ayat 106. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis. Adapun metode tafsir yang digunakan adalah metode tafsir tahlili dengan sumber data primer dan data sekunder dari buku-buku dan sumber kepustakaan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan ayat dan hadis yang turun mengenai Ammar bin Yasir terdapat gambaran konsep keluarga surgawi. pertama, keimanan, yang mana keimanan menjadi landasan utama dalam membangun keluarga surgawi. Kedua, sabar dalam menyikapi masalah, baik masalah tersebut dari lingkup keluarga maupun dari luar lingkup keluarga. Kemudian dilihat dari kisah keluarga Ammar bin Yasir dapat diambil konsep mengenai hubungan orang tua terhadap anak begitupun sebaliknya.Tatkala konsep keluarga surgawi yang telah diterapkan oleh keluarga Ammar bin Yasir mengantarkannya kepada kebahagiaan dan ganjaran, berupa keluarga Ammar bin Yasir dido’akan oleh Rasulullah ﷺ, kisah Ammar bin Yasir menjadi asbab turunnya surah al-Nahl ayat 106, contoh teladan bagi umat Islam sepanjang zaman, serta balasan yang paling diharapkan adalah surga dari Allah ﷻ. Kata Kunci : Keluarga Surgawi, Ammar bin Yasir, Al-Nahl 106.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Apr 2021 10:57
Last Modified: 30 Apr 2021 10:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48573

Actions (login required)

View Item View Item