Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI BEBERAPA KONSENTRASI TEPUNG DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP HAMA BUBUK BERAS (Sitophilus oryzae L.)

INSANUL AZMI, - (2021) UJI BEBERAPA KONSENTRASI TEPUNG DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP HAMA BUBUK BERAS (Sitophilus oryzae L.). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hama bubuk beras adalah merupakan hama yang merusak beras yang dimana hama tersebut merusak dengan cara melubangi butiran-butiran beras sehingga menyebabkan beras menjadi rusak dan hancur. Daun pandan wangi mengandung senyawa saponin, alkaloid, flavonoid, minyak atsiri yang dapat membunuh hama bubuk beras Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi tepung daun pandan wangi yang efektif dalam mengendalikan hama bubuk beras. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2020 sampai Juli 2020 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 5 konsentrasi (K0:0%, K1:3%, K2:5%, K3:7%, K4:9%.) Pengamatan yang dilakukan adalah mortalitas awal kematian (jam), persentase mortalitas total (%), kecepatan kematian lethal time50 dan lethal consentration50. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya konsetrasi tepung daun pandan wangi berpengaruh terhadap kematian hama bubuk beras, Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsentrasi tepung daun pandan wangi terbaik yaitu konsentrasi 9%. Kata Kunci : bubuk beras, konsentrasi, pandan wangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:44
Last Modified: 30 Apr 2021 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48572

Actions (login required)

View Item View Item