Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi pada Siwa-siswi Salah Satu SDN di Kota Pekanbaru)

Ahmad Alwi Azhari, Ahmad (2021) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi pada Siwa-siswi Salah Satu SDN di Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ahmad Alwi Azhari Fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

ABSTRAK Menonton tayangan kekerasan di televisi secara intens dapat menjadi salah satu penyebab anak melakukan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku bullying pada siswa salah satu SDN di kota Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 124 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dan skala perilaku bullying dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Spearman’s rho. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dengan perilaku bullying dengan signifikansi sebesar 0,002. Ini berarti semakin intens siswa dalam menonton tayangan kekerasan di televisi, maka semakin tinggi siswa melakukan perilaku bullying. Sebaliknya semakin kurang intens siswa menonton tayangan kekerasan di televisi, maka semakin rendah siswa melakukan perilaku bullying. Sumbangan efektif intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku bullying sebesar 13%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi, perilaku bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 30 Apr 2021 11:04
Last Modified: 30 Apr 2021 11:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48547

Actions (login required)

View Item View Item