FAKTOR PENYEBAB SISWA KELAS VIII ENGGAN BERKONSULTASI DENGAN GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 23 PEKANBARU

Marni Yulis, (2011) FAKTOR PENYEBAB SISWA KELAS VIII ENGGAN BERKONSULTASI DENGAN GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011622-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab siswa kelas VIII enggan berkonsultasi dengan guru pembimbimg di SMPN 23 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa di sekolah SMPN 23 Pekanbaru dan objeknya adalah faktor penyebab siswa kelas VIII enggan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Fenomena yang terjadi dilapangan saat ini guru pembimbing dalam memberikan pelayanan konseling tidak menggunakan tahapan-tahapan yang seharusnya dalam konseling kepada siswa yang berkonsultasi dan siswa masih enggan berkonsultasi dengan guru pembimbing yang disebabkan siswa masih kurangmemahamipelayanan konseling serta persepsi yang salah tentang konseling sehingga siswa juga jarang memanfaatkan pelayanan konseling yang ada disekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pembimbing di SMPN 23 Pekanbaru belum sepenuhnya maksimal dalam memberikankan pelayanan konseling dan siswa juga kurang memahami tentang konseling serta siswa jarang memanfaatkan pelayanan konseling yang ada di sekolah. Hal ini menunjukkan behwa guru pembimbing tidak menggunakan prosedur-prosedur yang seharusnya dalam konseling dan guru pembimbing juga kurang dalam memperkenalkan apa itu konseling dan apa fungsi serta tujuan dari konseling tersebut. Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada guru pembimbing yang ada di sekolah dapat menggunakan tahapan-tahapan yang ada dalam layanan konseling serta guru pembimbing harus dapat meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan yang menyangkut bimbingan dan konseling dan siswa agar dapat memanfaatkan keberadaan layanan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah khususnya pelayanan konseling individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item