PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs HASANAH PEKANBARU

Fabelia Andani Barutu, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) di MTs Hasanah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di MTs Hasanah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru sebanyak 64 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions di MTs Hasanah Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 May 2016 00:29
Last Modified: 14 May 2016 00:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4848

Actions (login required)

View Item View Item