Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Self Assesment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang

Muhammad Arif, - (2021) Implementasi Self Assesment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arif, (2021): Implementasi Self Assesment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi self assesment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi self assesment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 153 siswa dan 4 guru, diambil sampel sebanyak 40 siswa dan 4 guru, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui Angket dan wawancara. Hasilnya untuk mendapatkan data bagaimana implementasi self assesment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Berdasarkan analisis data diperoleh Implementasi self assesment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang di kategorikan Sangat Baik, karena angka persentase akhir yang diperoleh adalah 81,75% yang berada pada rentang angka 81% sampai dengan 100% yang berarti Sangat Baik. Faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi self assesment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang meliputi pelaksanaan penilaian observasi dianggap mewakili penilaian sikap lainnya, faktor kepercayaan guru terhadap siswa, dan implementasi self assesement menyita waktu dalam pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Self Assesment, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:25
Last Modified: 23 Apr 2021 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48464

Actions (login required)

View Item View Item