Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

"STRATEGI FUNDRAISING (PENGGALANGAN DANA) DAN PENDISTRIBUSIAN DANA WAKAF KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG PEKANBARU"

AMELIA, - and -, - (2021) "STRATEGI FUNDRAISING (PENGGALANGAN DANA) DAN PENDISTRIBUSIAN DANA WAKAF KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG PEKANBARU". Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,IV,V,&VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Fundraising (Pengumpulan) dan Pendistribusian Dana Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya Global Wakaf sebagai wadah pelayanan wakaf (nazir) masih tergolong baru, berdiri secara resmi pada tahun 2017 di ACT Cabang Pekanbaru serta upaya kemaslahatan umat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Fundraising dan Pendistribusian Dana Wakaf ACT Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini, menggunakan 4 orang informan terdiri dari karyawan dan karyawati Kantor ACT Pekanbaru. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi fundraising dana wakaf ACT dilakukan secara langsung (direct fundraising) dan tidak langsung (indirect fundraising). Direct fundraising dilakukan melalui Door To Door (edukasi Orang Per Orang), melalui edukasi di instansi, program wakaf, dan event-event wakaf. Indirect fundraising dilakukan secara online mengedukasi per-individu (via Whattshapp, Instagram, Website), berwakaf melalui layanan online, edukasi di instansi-instansi, dan lain-lain. Dalam pendistribusian dana wakaf ACT dilakukan secara kolektif dan mitra. Pendistribusian kolektif yaitu menyalurkan dana wakaf secara bersama atau gabungan. Sedangkan pendistribusian mitra dilakukan sesuai daerah yang diinginkan oleh perusahaan atau instansi. Dana wakaf didistribusikan melalui program ACT Pekanbaru seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Apr 2021 07:03
Last Modified: 22 Apr 2021 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48442

Actions (login required)

View Item View Item