Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PELAKSANAAN METODE PEMODELAN (MODELING) DALAM PEMBELAJARAN SHOLAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040 TAMPAN PEKANBARU

Syamsiah (2014) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PELAKSANAAN METODE PEMODELAN (MODELING) DALAM PEMBELAJARAN SHOLAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Sholat merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan kepada siswa yang duduk di kelas IV SD. Sebagai pokok bahasan yang memerlukan contoh dan praktek secara langsung, diperlukan kreatifitas guru untuk memilih metode pengajaran yang tepat agar tidak menjadi sia-sia. Dengan demikian, pemilihan metode yang tepat akan menimbulkan rasa senang bagi siswa untuk mengikuti pelajaran hingga akhir, dan akhirnya akan memahami materi yang diajarkan Di sekolah Dasar Negeri 040 Tampan, dari studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan bahwa guru pendidikan agama Islam memberikan pembelajaran sholat melalui metode hafalan. Kenyataannya minat siswa dalam pembelajaran sholat masih rendah, hal itu dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut : 1) Masih ditemukan adanya siswa yang bermain-main ketika proses pembelajaran sholat sedang berlangsung. 2) Ditemukan adanya siswa yang keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran sholat. 3) Adanya sebagian siswa yang enggan untuk mempraktekkan sholat di depan kelas. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meningkatkan minat siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pemodelan (modeling). Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tigas siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode pemodelan (modeling) dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sholat di kelas IV B SD Negeri 040 Tampan Pekanbaru. Terjadi peningkatan 68 % minat siswa dari sebelum tindakan hingga siklus III. Sedangkan antara siklus I hingga siklus III terdapat peningkatan minat sebesar 59%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 May 2016 00:03
Last Modified: 14 May 2016 00:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item View Item