Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemikiran Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi dan Imam al-Ghazali tentang Karakter Religius dalam Kitab Muroqil Ubudiyah ‘ala Matni Bidayatil Hidayah

Aldianto (2020) Pemikiran Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi dan Imam al-Ghazali tentang Karakter Religius dalam Kitab Muroqil Ubudiyah ‘ala Matni Bidayatil Hidayah. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS FULL kecuali BAB IV_ALDIANTO.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
TESIS BAB IV_ALDIANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia sekarang sudah menjadi perhatian setiap kalangan, hal ini disebabkan karena banyaknya kemerosotan karakter yang terjadi pada masyarakat indonesia, seperti korupsi, tauran, pencurian dan lain sebagainya. Indonesia bukanlah negara yang kekurangan akan tokoh pendidikan karakter. Pada abad 19, banyak orang Indonesia menjadi Ulama besar dan berpengaruh di Kota Mekah dan Madinah, Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi adalah salah seorang diantaranya. Beliau memiliki ratusan murid, dan menulis 155 karya dalam bentuk arab gundul (kitab kuning) yang sampai sekarang tersebar di penjuru Indonesia. Baliau diberi gelar oleh negara Mesir dengan Sayyid Ulama al Hijaz (Penghulu Ulama Tanah Hijaz ) karena kedalaman dan keluasan pemikirannya yang dituangkan dalam Tafsir al-Munir yang dikagumi oleh orang Timur Tengah. Syekh Nawawi mengajarkan pendidikan karakter dan akhlak dalam bentuk majelis ilmu dan karya tulis, salah satu karya tulisnya berjudul Muroqil Ubudiyah ‘ala Matni Bidayatil Hidayah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu konsep, macam-macam dan relevansi pendidikan karakter menurut Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani dalam kitab Muroqil Ubudiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana dan menganalisis data dengan langkahlangkah: pertama menentukan tema, kedua menetapkan masalah ketiga merumuskan masalah sesuai tema, keempat mengumpulkan data dan yang kelima menyimpulkan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab Muraqil Ubudiyah ‘ala Matni Bidayatil Hidayah. Sedangkan sumber sekundernya adalah, jurnal, buku, artikel dan semua yang relevan dengan penelitian ini. Konsep pendidikan karakter religius menurut Syekh Nawawi ada dua konsep, pertama ibadah kedua akhlak dan perilaku. Karakter religius yang terdapat dalam kitab Muraqil Ubudiyah adalah: adab bergaul dengan Tuhan, perilaku orang alim, adab murid kepada guru, adab anak kepada orang tua, adab kepada sahabat, bersemangat, berterimakasih, rendah ahti, memuliakan makhluk Tuhan, memuliakan azan, jujur, iklas, larangan berdusta, menepatu janji, larangan berghibah, jangan berdebat dan berbantahan, jangan berbangga diri, jangan melaknat sesuatu, larangan mendoakan orang supaya binasa, larangan bergurau secara berlebihan, pendidikan karakter menurut Syekh Nawawi masih relevan jika diaplikasikan dalam pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:04
Last Modified: 19 Apr 2021 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48328

Actions (login required)

View Item View Item