PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TABEL BARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Liliani, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TABEL BARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Tabel Baris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang sudah ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif Tabel Baris dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hasil ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, hingga siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui bahwa siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 orang dengan persentase 40%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 12 orang dengan persentase 60%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar menjadi 18 orang dengan persentase 90%. Karena persentase ketuntasan hasil belajar siswa melebihi indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, maka penelitian ini dipandang telah berhasil. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran aktif Tabel Baris dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 23:45
Last Modified: 13 May 2016 23:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item