Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Masyarakat Muslim terhadap Pemilihan Calon Anggota DPRD Non Muslim Kota Pekanbaru Tahun 2019-2024 Ditinjau Menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan).

Nor Fadillah, - (2021) Persepsi Masyarakat Muslim terhadap Pemilihan Calon Anggota DPRD Non Muslim Kota Pekanbaru Tahun 2019-2024 Ditinjau Menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nor Fadillah (2020) : Persepsi Masyarakat Muslim terhadap Pemilihan Calon Anggota DPRD Non Muslim Kota Pekanbaru Tahun 2019-2024 Ditinjau Menurut Fiqih Siyasah (Studi Kasus TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perolehan suara calon anggota DPRD Kota Pekanbaru yang beragama non muslim atas nama Davit Maribot Silaban, M.Si dari partai PDI-P sehingga terpilih menjadi anggota DPRD Kota Pekanbaru Periode 2019-2024 dari Dapil V Tampan. Sedangkan dalam Islam sudah ada ayat yang memberi peringatan keras agar tidak menjadikan non muslim sebagai pemimpin negara atau daerah. Masyarakat muslim seharusnya memahami arti penting memilih pemimpin, karena menurut Fiqih Siyasah kriteria pokok bagi seorang pemimpin adalah beragama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat muslim dalam memilih calon anggota DPRD Non Muslim di TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat muslim dalam memilih calon anggota DPRD Non Muslim di TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, dan bagaimana tinjauan Fiqih Siyasah terhadap persepsi masyarakat muslim dalam memilih calon anggota DPRD Non Muslim di TPS 44 Dapil V Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara yaitu kepada Ketua RW 15 Perumahan Griya Purna Mas sebagai tokoh masyarakat dan tokoh agama di RW 15 Kelurahan Sidomulyo Barat serta penyebaran angket kepada 50 orang masyarakat di TPS 44 RW 15 Perumahan Purna Griya Mas, Kelurahan Sidomulyo Barat. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisuoner, dokumentasi, dan pustaka. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa lebih dari setengah masyarakat muslim di Kelurahan Sidomulyo Barat menolak memilih pemimpin non muslim dalam pemilihan anggota DPRD Kota Pekanbaru. Faktor yang mempengaruhi masyarakat muslim memilih calon non muslim adalah karena pemberian caleg ketika kampanye karena kurangnya pemahaman tentang larangan memilih pemimpin non muslim di dalam Al-Qur’an. Sedangkan menurut Fiqih Siyasah kriteria pokok bagi seorang pemimpin adalah beragama Islam, adil, amanah dan kuat. Memilih pemimpin non muslim dilarang karena menunjukkan merupakan bagian dari mereka. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pemilihan, Calon DPRD Non Muslim, Fiqih Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:40
Last Modified: 21 Apr 2021 05:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48254

Actions (login required)

View Item View Item