Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OVERRUN, DAYA LELEH, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN IC50 ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)

Purdini Swasti Putri, - (2021) OVERRUN, DAYA LELEH, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN IC50 ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

OVERRUN, DAYA LELEH, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN IC50 ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) Purdini Swasti Putri (11481202630) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Elfawati INTISARI Es krim merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara mencampurkan bahan baku secara bersama-sama melalui proses pemanasan, homogenisasi dan pembekuan. Kulit buah naga merah merupakan limbah yang belum dimanfaatkan padahal kulit buah naga merah memiliki beberapa keunggulan dan mempunyai khasiat bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit buah naga merah 0%, 3%, 6%, dan 9% pada es krim susu kambing ditinjau dari overrun, daya leleh, aktivitas antioksidan dan nilai IC50. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah penambahan ekstrak kulit buah naga merah yang terdiri atas P0: 0%, P1: 3%, P2: 6%, dan P3: 9%. Parameter yang diamati adalah overrun, daya leleh, aktivitas antioksidan dan IC50. Data dianalisis secara statistik menggunakan analisis sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak kulit buah naga merah 0%-9% pada es krim susu kambing memberikan pengaruh sangat nyata terhadap penurunan overrun dan peningkatan daya leleh, dan memberikan pengaruh tidak nyata terhadap aktivitas antioksidan dan IC50. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan ekstrak kulit buah naga 9% mampu menurunkan overrun dan meningkatkan daya leleh es krim susu kambing namun tidak mampu meningkatkan aktivitas antioksidan dan IC50. Perlakuan terbaik adalah penambahan 3% ekstrak kulit buah naga merah berdasarkan nilai overrun dan daya leleh yang mendekati kontrol. Kata Kunci : ekstrak kulit buah naga, susu kambing, overrun, daya leleh, aktivitas antioksidan dan IC50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:58
Last Modified: 15 Apr 2021 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48246

Actions (login required)

View Item View Item