Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE KEUANGAN, LIKUIDITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DALAM PENDEKATAN RELEVANSI NILAI (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019)

Yolanda Hidayat, - (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE KEUANGAN, LIKUIDITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DALAM PENDEKATAN RELEVANSI NILAI (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE KEUANGAN, LIKUIDITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DALAM PENDEKATAN RELEVANSI NILAI (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019) OLEH: YOLANDA HIDAYAT NIM. 11773201734 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, leverage keuangan, likuiditas dan good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan dalam pendekatan relevansi nilai. Populasi penelitian ini adalah perusahaan BUMN Tahun 2017 - 2019. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI Tahun 2017- 2019. Penganbilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 60 observasi berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan observasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dalam pendekatan relevansi nilai sedangkan variabel leverage keuangan, likuiditas dan good corporate governance tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan dalam pendekatan relevansi nilai. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted 0.275 atau 27.5%. Hasil ini menunjukkan kontribusi sebesar 27.5% dari variabel ukuran perusahaan, leverage keuangan, likuiditas, dan good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan dalam pendekatan relevansi nilai. Sedangkan sisanya sebesar 72.5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Ukuran perusahaan, leverage keuangan, likuiditas, good corporate governance, kualitas laporan keuangan dan relevansi nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:25
Last Modified: 15 Apr 2021 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48245

Actions (login required)

View Item View Item