Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESALEHAN DALAM SYAIR IBARAT DAN KHABAR QIYAMAT DJALAN UNTUK KEINSAFAN KARYA SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDIQ AL-BANJARI (1857 – 1939 M)

Arbi, - (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESALEHAN DALAM SYAIR IBARAT DAN KHABAR QIYAMAT DJALAN UNTUK KEINSAFAN KARYA SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDIQ AL-BANJARI (1857 – 1939 M). Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DISERTASI ARBI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

A B S T R A K Arbi, NIM : 31890415313 : Nilai-Nilai Pendidikan Kesalehan dalam Syair Ibarat dan Khabar Qiyamat Karya Syeikh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari (1857-1939 M) Persoalan kesalehan merupakan persoalan besar, mendasar dan esensial, karena memperbincangkan mutu amalan, kualitas perilaku manusia beragama, sifat dan nilai-nilai agung keberagamaan, apalagi bila disampaikan oleh seorang ulama besar, mufti kerajaan, tokoh sufi tersohor yang begitu kental dengan nuansa tasawuf akhlakinya, Tuan Guru yang kharismatik, yang dituangkannya dalam bentuk untaian kata-kata indah, penuh makna dan bernas, lewat media syair Melayu berkelas, berisikan petuah-petuah dan nasehat-nasehat yang sarat dengan pesan-pesan keberagamaan yang khas dan nilai-nilai pendidikan kesalehan yang utama, maka semakin bertambah-tambah lagi urgensi faedahnya. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini difokuskan untuk mengetahui keberadaan, ketokohan dan peran Tuan Guru Sapat dalam bidang Pendidikan kesalehan, serta mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan kesalehan yang terkandung dalam teks syair-syairnya. Kajian nilai-nilai pendidikan kesalehan yang sengaja dilakukan pada kitab syair tersebut merupakan penelitian kepustakaan (library research), dimana data dikumpulkan dengan menggunakan strategi studi teks, sedangkan untuk menganalisis dan mentelaah data bahan bacaan, penulis memanfaatkan teknik analisis isi atau content analysis. Temuan hasil kajian menunjukkan bahwa Syeikh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari (SASA) bila ditinjau dari segi khazanah keintelektualitasnya, ketokohan dan perannya di dunia Pendidikan Islam memang diakui sebagai salah seorang ulama besar nusantara yang tangguh dan mempunyai keluasan wawasan serta memiliki kedalaman ilmu pengetahuan keislamannnya. Bila ditelaah pula dari segi nilai-nilai pendidikan kesalehan yang terkandung dalam syair-syairnya, ada hal yang amat menarik untuk dicermati, yaitu : ketika membicarakan kesalehan individual, SASA menuqilkan bait-bait syair tentang pentingnya kesalehan ritual yang merupakan kesalehan ukhrawi dengan landasan akhirat lebih utama. Namun tatkala membicarakan kesalehan sosial, beliau menuqilkan untaian bait-bait syair yang cukup indah yang menggambarkan dunia adalah sawah-ladang akhirat. Ini sekaligus mengisyaratkan kesalehan ideal menurut SASA adalah kesalehan terpadu atau bertautan. Implikasinya, beragama tanpa kesalehan terpadu atau bertautan adalah percuma dan sia-sia belaka. Kata Kunci : Nilai-Nilai, Pendidikan, Kesalehan, Syair

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:54
Last Modified: 15 Apr 2021 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48223

Actions (login required)

View Item View Item