PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 039 TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Syahruddin, (2014) PENGARUH METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 039 TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar antara metode inkuiri dengan metode konvesional siswa kelas XI MAN 039 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dan Besar pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 039 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir? Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh hasil belajar antara metode inkuiri dengan pendekatan ekspositori siswa kelas XI MAN 039 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir? Seberapa besar pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 039 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 039 Tembilahan yang berjumlah 75 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode inkuiri dengan pendekatan ekspositori dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data t hitung lebih besar daripada ttabel hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar meenggunakan metode inkuiri dengan pendekatan ekspositori dengan siswa yang menggunakaan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari mean yang diperoleh oleh kedua kelas, dimana mean kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 83,45 dan 73,62. Artinya, dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh yang positif metode inkuiri dengan pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar Matematika siswa dan besarnya pengaruh metode inkuiri dengan pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 45,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 23:39
Last Modified: 13 May 2016 23:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item