Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI MAHAR BACAAN AL-QUR’AN DI KELURAHAN SIMPANG BARU, KECAMATAN TAMPAN, KOTA PEKANBARU

Muhammad Syamsul Aidy, - (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI MAHAR BACAAN AL-QUR’AN DI KELURAHAN SIMPANG BARU, KECAMATAN TAMPAN, KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Syamsul Aidy (2021) : Tinjauan Hukum Islam Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Mahar Bacaan Al-Qur’anDi Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Judul Skripsi ini adalah “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Mahar Bacaan al-Qur‟anDi Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana deskripsi pemberian mahar berupa bacaan alquran, serta tinjauan hukum Islam terhadap pemberian mahar berupa bacaan alquran yang ditinjau dari hadis dan ulama fikih. Mahar berupa bacaan al-Qur‟an ini menjadi keunikan sendiri dan perbincangan di masyarakat karena suatu yang langka dan hal yang baru. Pemberian mahar ini dilantunkan oleh suami kepada istrinya setelah dilakukan prosesi akad nikah. Hal ini tidak sejalan dengan ketentuan kadar mahar berdasar kan tinjauan hukum islam. Sumber data dalam penelitian lapangan ini yaitu pihak mempelai, Penghulu, tokoh agama dan masyarakat. Dalam memgumpulkan data menggunakan teknik wawancara dan angket sehingga yang diperoleh datanya berupa data tentang pengertian mahar berupa bacaan al-Qur‟an, proses pemberiannya dan faktor adanya mahar berupa bacaan al-Qur‟an. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan mendiskripsikan kasus yang ada pada mahar berupa bacaan al-Qur‟an di Kelurahan Simpan Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktek pemberian mahar yang berupa bacaan al-Qur‟an tidak dimaksudkan sebagai mahar, akan tetapi mengajarkan al-Qur‟an untuk menyenangkan dan membanggakan hati calon istri, atau menunjukkan bahwa mahar dari pernikahan tersebut tetap menjadi tanggungan suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Apr 2021 04:57
Last Modified: 10 Apr 2021 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48202

Actions (login required)

View Item View Item