PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Khairul Azan, (2011) PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011619.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kebutuhan. Dengan terpenuhi kebutuhan, seorang guru akan senang bekerja dan merasa beharga dalam pekerjaannya, serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru. Menurut Maslow kebutuhan terbagi atas lima tingkatan, salah satunya adalah kebutuhan akan jabatan atau pangkat. Dalam lembaga pendidikan untuk meraih jabatan atau pangkat tertentu bisa diperoleh melalui pengembangan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi pengembangan karier dan kinerja guru serta ada tidaknya pengaruh antara pengembangan karier terhadap kinerja guru di SMPN 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dengan jumlah subjeknya sebanyak 32 orang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 orang dan tidak mengambil sampel karena populasi tidak mencukupi, sehingga disebut sebagai penelitian populasi. Untuk mendapatkan data mengenai profil sekolah penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sedangkan mengenai pengembangan karier dan kinerja guru menggunakan angket dalam bentuk skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif persentase dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan komputerisasi (SPSS 16.0 For Windows). Untuk menguji validitas, reliabilitas dan normalitas juga menggunakan program SPSS 16.0 For Windows dengan teknik Koefisien Korelasi Product Moment, dengan standar nilai minimal 0,30 sedangkan untuk reliabilitas menggunakan standar alpha dengan nilai minimal 0,60. Dari hasil olah data dengan komputerisasi diperoleh nilai validitas terendah 0,004 sampai tertinggi 0,760 dengan nilai reliabiltas 863 untuk variabel X, sedangkan untuk validitas variabel Y diperoleh nilai terendah 0,077 sampai tertinggi 0,839 dengan nilai reliabilitas 859. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengembangan karier dan kinerja guru dikategorikan sangat baik dengan nilai 83,25% untuk pengembangan karier dan 85,66% untuk kinerja guru. Sedangkan untuk pengaruh pengembangan karier terhadap kinerja guru diperoleh nilai t hitung 4,249 > t tabel 2,04. Itu artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan karier terhadap kinerja guru di SMPN 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, jadi Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item