Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU KELAS I A (NO.0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr) MENGENAI PENGANGKATAN ANAK OLEH ORANG TUA TUNGGAL DI TINJAU DARI PRESPEKTIF HUKUM ISLAM

MIFTAHUL JANNAH, - (2021) ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA PEKANBARU KELAS I A (NO.0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr) MENGENAI PENGANGKATAN ANAK OLEH ORANG TUA TUNGGAL DI TINJAU DARI PRESPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Jannah,(2020): Analisis Putusan Hakim Pengadilan AgamaPekanbaruKelas I A (No.0058/ Pdt. P/2016/PA.Pbr)Mengenai Pengangkatan Anak Oleh Orang Tua Tunggal DitinjauDari Prespektif Hukum Islam. Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh adanya putusan perkara mengenai pengangkatan anak oleh orang tua tunggal di Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas I A No. 0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr yang menetapkan Adopsi/ Pengangkatan anak oleh orang tua tunggal. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana putusan hakim Pengadilan Agama Pekanbaru kelas 1 A No.0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr terhadap pengangkatan anak oleh orang tua tunggal. Bagaimana analisis putusan Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas 1 A No.0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr mengenai pengangkatan anak oleh orang tua tunggal di tinjau dari prespektif hukum islam. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang menggunakan data perpustakaan (library reseach). Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dengan mengkaji Putusan hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas I A NO.0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr dan mengkaji bahan-bahan kepustakaan berupa buku-buku, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan, dan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian dalam putusan ini menunjukkan bahwa orang tua tunggal jika ditinjau dari prespektif hukum islam boleh mengadopsi/ mengangkat anak, meskipun calon orang tua angkat tunggal ini (belum pernah menikah). Hal ini di landaskan dengan alasan atau dasar pertimbangan hukum oleh Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas I A. Jika di tinjau dari segi prespektif hukum islam , setelah di teliti ternyata salah satu alasan hakim mengabulkan perkara putusan pengadilan agama Pekanbaru Nomor. 0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr. tentang adoposi anak angkat oleh orang tua tunggal ini tidak lain karena calon anak angkat tersebut adalah keponakan dari calon orang tua angkat tersebut. Dalam islam keponakan masih mahram dari segi nasab(keturunan), maka antara calon anak angkat dengan orang tua angkat dalam putusan perkara Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas 1 A Nomor. 0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr. tersebut tetap mahram dari segi nasab. Dan di dalam hukum islam jika masih berhubungan mahram terutama dari segi nasab maka di larang untuk menikah Mu,abbad (selamanya). Dalam hal ini apabila di tinjau berdasarkan Prespektif hukum islam dan kemaslahatan anak angkat, maka adopsi anak oleh orang tua tunggal sah saja untuk di kabulkan mengadopsi anak, sebagaimana sesuai dengan putusan Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas 1 A Nomor. 0058/Pdt.P/2016/PA.Pbr. Kata kunci: Adopsi, Anak angkat, Orang tua tunggal (Singel Parent)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:54
Last Modified: 07 Apr 2021 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48182

Actions (login required)

View Item View Item